Senin, 02 Mei 2011

DOKUMEN NEGARA









 




UJIAN NASIONAL
Tahun Pelajaran 2010/2011

SOAL TEORI KEJURUAN

Satuan Pendidikan            : Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian       : Administrasi Perkantoran
Kode Soal                          : 6045
Waktu                                : Pukul 08.00 – 10.00
Tanggal                              : 15 Maret 2011-03-21
Bentuk soal                        : Pilihan Ganda
Jumlah Soal                        : 40 Soal
Paket Soal                          : A


Petunjuk Umum :
1.      Isikan Identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Ujian Nasional ( LJUN ) yang tersedia dengan menggunakan pinsil 2B sesuai petunjuk LJUN.
2.      Hitamkan bulatan sesuai dengan Kode Soal dan PaketSoal pada LJUN.
3.      Setiap butir soal mempunyai 5 ( lima ) pilihan jawaban.
4.      Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab.
5.      Hitamkan bulatan pada satu pilihan jawaban yang paling tepat pada LJUN.
6.      Laporakan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7.      Tidak diijinkan menggunakan kalkulator, HP, atau alat bantu hitung lainnya.
8.      Bila diperlukan lembar soal dapat dicoret-coret.
9.      Tidak ada pengurangan nilai pada jawaban yang salah.
10.  Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepad pengawas ujian.



”SELAMAT & SUKSES”





1.    Informasi yang kita sampaikan dapat dipahami dengan baik jika menggunakan lambang-lambang yang sesuai, maka apabila berkomunikasi dengan orang yang menderita tunarunggu lambang yang tepat adalah ....
A.     simbol
B.     tulisan
C.     suara
D.     gerak
E.      warna

2.     Salah satu unsur dalam komunikasi adalah komunikan, yang dimaksud dengan komunikan adalah ....
A.     pesan yang ingin disampaikan
B.     sarana/alat yang digunakan
C.     orang menyampaikan pesan
D.     orang yang menerima pesan
E.      respon yang ditimbulkan

3.    Jenis media komunikasi yang biasa digunakan untuk berkomunikasi antar bagian agar efektif dan efisien memudahkan adalah .....
A.     telepon
B.     surat
C.     radio
D.     faximile
E.      intercome

4.      Saat anda menerima telefon masuk dan penelpon ingin berbicara dengan pimpinan sementara beliau sedang sibuk dan tidak ingin diganggu. Apa yang harus disampaikan agar si penelepon tidak kecewa  .....
A.     bapak sedang sibuk dan tidak bisa diganggu !
B.     maat bapak sedang sibuk, bisa telepon lagi !
C.     maaf bapak sedang sibuk ada pesan yang ingin disampaikan ?
D.     tinggalkan pesan saja bapak sedang sibuk !
E.      lain kali saja bapak telepon lagi !

5.      Jika anda akan melakukan komunikasi telepon hal-hal yang akan disampaikan dicatat pada ....
A.     blocnote
B.     LPT
C.     Buku telepon
D.     Memo
E.      Agenda

6.      Petugas pelyanan diharapkan senantiasa memperhatikan keluhan-keluhan pelanggan dan jangan sekali-kali mengabaikannya, cara menangani pelanggan yang mengeluh karena pelayanan kurang adalah dengan ....
A.     menyampaikan secara langsung
B.     mencatat semua keluhan dengan lengkap
C.     menanggapi, dicatat dan disampaikan kepada pimpinan
D.     menghindari pelanggan yang suka mengeluh
E.      memberikan alasan yang jelas sehingga pelanggan puas
7.      Setiap pelanggan yang datang harus dilayani dengan baik, apa yang harus anda lakukan jika pelanggan datang bersamaan dan semua ingin dilayani duluan ....
A.     segera menyampaikan permohonan maaf
B.     melayani pelanggan yang datang lebih awal
C.     diberikan pada petugas lain yang sedang kosong
D.     dengarkan saja keluhannya
E.      dipersilahkan untuk menunggu giliran

8.      Karyawan yang selalu berpenampilan rapih dalam bekerja dan prima dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan adalah tuntutan dari .....
A.     grooming
B.     bisnis
C.     bisnis
D.     resepsionis
E.      bekerjasama dalam tim

9.      Dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari ditempat kerja seorang karyawan harus berprilaku baik dengan cara meningkatkan produktifitas karja, menjaga ruang tempat bekerja dan etiket pergaulan hal ini sesuai dengan etika ....
A.     kantor
B.     berbicara
C.     moralitas
D.     bisnis
E.      sosial

10.  Untuk melakukan suatu pekerjaan yang besar perlunya dibentuk satu tim kerja dengan tujuannya antara lain .....
A.     saling menghargai satu sama lain
B.     mempunyai komitmen dan kepentingan yang sama
C.     bekerja bersama-sama dalam satu tim
D.     saling mendukung dalam pekerjaan
E.      saling percaya dalam satu tim

11.  Pada penanganan surat masuk, setelah diterima dicatat ke dalam buku agenda langkah berikutnya adalah .....
A.     dikirim ke bagian lain
B.     dicatat ke dalam buku ekspedisi
C.     diberi lembar disposisi