Senin, 26 Desember 2011

Soal Teori Kejuruan Pemasaran 2010-2011

DOKUMEN NEGARA









 






UJIAN NASIONAL
Tahun Pelajaran 2010/2011

SOAL TEORI KEJURUAN

Satuan Pendidikan  : Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian          : Pemasaran
Kode Soal                          : 6054
Waktu                                : Pukul 08.00 – 10.00
Tanggal                              : 15 Maret 2011-03-21
Bentuk soal                        : Pilihan Ganda
Jumlah Soal                        : 40 Soal
Paket Soal                          : A


Petunjuk Umum :
1.      Isikan Identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Ujian Nasional ( LJUN ) yang tersedia dengan menggunakan pinsil 2B sesuai petunjuk LJUN.
2.      Hitamkan bulatan sesuai dengan Kode Soal dan PaketSoal pada LJUN.
3.      Setiap butir soal mempunyai 5 ( lima ) pilihan jawaban.
4.      Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab.
5.      Hitamkan bulatan pada satu pilihan jawaban yang paling tepat pada LJUN.
6.      Laporakan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7.      Tidak diijinkan menggunakan kalkulator, HP, atau alat bantu hitung lainnya.
8.      Bila diperlukan lembar soal dapat dicoret-coret.
9.      Tidak ada pengurangan nilai pada jawaban yang salah.
10.  Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepad pengawas ujian.



”SELAMAT & SUKSES”











1.      Display akan memberikan manfaat keuntungan bagi perusahaan antara lain .....
A.     mudah dimengerti
B.     mudah memilih
C.     mudah untuk dilihat
D.     meningkatkan store image
E.      mudah diambil dan diletakkan kembali

2.      Pemasangan POP pada gondola pelu memperhatikan item produk. Bila dalam satu selving produk yang didisplay satu item produk maka letak POP dibagian ....selving\
A.     atas
B.     bawah
C.     kanan
D.     kiri
E.      tengah

3.      Dalam tehnik pemajangan menggunakan gantungan, bagian belakang baju sebaiknya menghadap arah .......
A.     kanan
B.     dalam
C.     muka
D.     kiri
E.      bebas

4.      Kelompok atau departemen makanan dalam supermarket disebut ....
A.     food
B.     soft Drink
C.     departemen
D.     stationary
E.      non food

5.      Pengelompokan barang sesuai dengan spesifikasi dinamakan .....
A.     apartemen
B.     departemen
C.     substansi
D.     specialty
E.      klasifikasi

6.      Dalam melakukan klasifikasi produk berdasar warna, mempunyai tujuan .....
A.     membedakan produk pesaing
B.     memudahkan penataan diruang pajang
C.     memudahkan konsumen memilih
D.     memudahkan menyimpan digudang
E.      menarik konsumen

7.      Dalam teknik pemajangan berdasar ukuran, pernyataan di bawah ini yang benar adalah ......
A.     sebelah kiri besar, kanan kecil
B.     atas besar, bawah kecil
C.     atas besar, bawah besar
D.     sebelah kiri kecil, kanan besar
E.      muka besar, belakng kecil
8.      Sikap yang tidak termasuk dalam memberikan tanggapan terhadap keberatan yang muncul dari pelanggan adlah ....
A.     layani pelanggan dengan cepat, ramah dan sopan
B.     jangan terpancing emosi
C.     jangan membeda-bedakan pelanggan
D.     bekerja dengan penuh antusias
E.      informasi tentang latar belakang produk

9.      Pak ali memegang kartu anggota ( member ) pasar swalayan, maka ia disebut ....
A.     individu
B.     pembelia
C.     penjual
D.     pelanggan
E.      anggota

10.  Tindakan yang dilakukan oleh pelanggan sebagai bentuk complain terhadap ketidakpuasan yang meliputi usha ganti rugi secara hukum di sebut ....
A.     private response
B.     vioce response
C.     personal response
D.     third party response
E.      third response

11.  Salah satu asas yang bisa digunakan untuk menunjukkan keunggulan produk adalah dengan menyebutkan perbandigan yang didukung dengan fakta yang dapat dibuktikan. Asas ini disebut ......