Rabu, 23 Maret 2011

Soal Teori Kejuruan Pemasaran 2010-2011

DOKUMEN NEGARA










 

 


UJIAN NASIONAL
Tahun Pelajaran 2010/2011

SOAL TEORI KEJURUAN

Satuan Pendidikan            : Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian       : Pemasaran
Kode Soal                          : 6054
Waktu                                : Pukul 08.00 – 10.00
Tanggal                              : 15 Maret 2011-03-21
Bentuk soal                        : Pilihan Ganda
Jumlah Soal                        : 40 Soal
Paket Soal                          : A


Petunjuk Umum :
1.      Isikan Identitas Anda ke dalam Lembar Jawaban Ujian Nasional ( LJUN ) yang tersedia dengan menggunakan pinsil 2B sesuai petunjuk LJUN.
2.      Hitamkan bulatan sesuai dengan Kode Soal dan PaketSoal pada LJUN.
3.      Setiap butir soal mempunyai 5 ( lima ) pilihan jawaban.
4.      Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab.
5.      Hitamkan bulatan pada satu pilihan jawaban yang paling tepat pada LJUN.
6.      Laporakan kepada pengawas ujian apabila terdapat lembar soal yang kurang jelas, rusak, atau tidak lengkap.
7.      Tidak diijinkan menggunakan kalkulator, HP, atau alat bantu hitung lainnya.
8.      Bila diperlukan lembar soal dapat dicoret-coret.
9.      Tidak ada pengurangan nilai pada jawaban yang salah.
10.  Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepad pengawas ujian.



”SELAMAT & SUKSES”




 
1.      Display akan memberikan manfaat keuntungan bagi perusahaan antara lain .....
A.     mudah dimengerti
B.     mudah memilih
C.     mudah untuk dilihat
D.     meningkatkan store image
E.      mudah diambil dan diletakkan kembali

2.      Pemasangan POP pada gondola pelu memperhatikan item produk. Bila dalam satu selving produk yang didisplay satu item produk maka letak POP dibagian ....selving\
A.     atas
B.     bawah
C.     kanan
D.     kiri
E.      tengah

3.      Dalam tehnik pemajangan menggunakan gantungan, bagian belakang baju sebaiknya menghadap arah .......
A.     kanan
B.     dalam
C.     muka
D.     kiri
E.      bebas

4.      Kelompok atau departemen makanan dalam supermarket disebut ....
A.     food
B.     soft Drink
C.     departemen
D.     stationary
E.      non food

5.      Pengelompokan barang sesuai dengan spesifikasi dinamakan .....
A.     apartemen
B.     departemen
C.     substansi
D.     specialty
E.      klasifikasi

6.      Dalam melakukan klasifikasi produk berdasar warna, mempunyai tujuan .....
A.     membedakan produk pesaing
B.     memudahkan penataan diruang pajang
C.     memudahkan konsumen memilih
D.     memudahkan menyimpan digudang
E.      menarik konsumen

7.      Dalam teknik pemajangan berdasar ukuran, pernyataan di bawah ini yang benar adalah ......
A.     sebelah kiri besar, kanan kecil
B.     atas besar, bawah kecil
C.     atas besar, bawah besar
D.     sebelah kiri kecil, kanan besar
E.      muka besar, belakng kecil

8.      Sikap yang tidak termasuk dalam memberikan tanggapan terhadap keberatan yang muncul dari pelanggan adlah ....
A.     layani pelanggan dengan cepat, ramah dan sopan
B.     jangan terpancing emosi
C.     jangan membeda-bedakan pelanggan
D.     bekerja dengan penuh antusias
E.      informasi tentang latar belakang produk

9.      Pak ali memegang kartu anggota ( member ) pasar swalayan, maka ia disebut ....
A.     individu
B.     pembelia
C.     penjual
D.     pelanggan
E.      anggota

10.  Tindakan yang dilakukan oleh pelanggan sebagai bentuk complain terhadap ketidakpuasan yang meliputi usha ganti rugi secara hukum di sebut ....
A.     private response
B.     vioce response
C.     personal response
D.     third party response
E.      third response

11.  Salah satu asas yang bisa digunakan untuk menunjukkan keunggulan produk adalah dengan menyebutkan perbandigan yang didukung dengan fakta yang dapat dibuktikan. Asas ini disebut ......
A.     asas kompetisi sehat
B.     asas etiket
C.     asas factual
D.     asas aprestatif
E.      asas non plagiator

12.  Tujuan komunikasi yang  dilakukan penjual terhadap pembeli adalah ......
A.     Untuk mengenalkan produk
B.     Menawarkan produk
C.     Sekedar berkomunikasi
D.     Sekedar beramah tamah
E.      Mengubah tingkah laku agar terjadi pembelian terhadap produk

13. Sikap yang tidak termasuk dalam memberikan tanggapan terhadap keberatan yang muncul dari calon pelanggan adalah .....
A.   jangan membedakan-bedakan pelanggan
B.   jangan terpancing emosi
C.   bekerja dengan penuh antusias
D.   mengetahui keberatan apa saja yang diajukan
E.   layani pelanggan dengan cepat
 
14. Di bawah ini termasuk media komunikasi yang bersifat audio yaitu .......
A.   TV
B.   Radio
C.   Majalah
D.   Media cetak
E.   reklame

15. Di bawah ini adalah etika dalam melakukan konfirmasi pada pelanggan dengan pesawat telepon ....
A.   angkat gagang telepone dengan tangan kanan
B.   angkat gagang telelpone dengan tangan kiri
C.   duduk bersandar di kuirsi
D.   dengan melakukan pekerjaan lainnya
E.   bahasa yang digunakan adalah bahasa pergaulan

16. Seorang pramuniaga seang melakukan presentasi sebuah produk. Agar hasil presentasi mengenai sasaran/konsumen maka diperlukan kemampuan untuk menggunakan bahasa tubuhnya antara lain ....
A.   bahasa lisan
B.   bahasa tertulis
C.   gerakan tangan
D.   product knowledge
E.   kecerdasan otak

17. Mengamati prilaku konsumen dengan cara memperhatikan ucapan nada suara dan bahasa yang digunakan konsumen adalah pengamatan ....
A.   verbal
B.   non verbal
C.   verbal auditif
D.   non verbal auditif
E.   isyarat

18. Cara menguatkan konfirmasi pelanggan antara lain ....
A.   menjawab segala keberatan tanpa berbantah
B.   jawablah dengan menunjukkan ciri-ciri khusus dari barang bersangkutan apabila pembeli mengajukan keberatan yang bersifat umum
C.   jangan menganggap kebertan calon pembeli itu salah
D.   cobalah melihat sesuai dari kaca mata orang lain
E.   jangan memotong pembicaraan

19. Di bawah ini adalah bahasa yang baik dalam melakukan konfirmasi .....
A.   penjual harus mengetahui apa keberatannya
B.   mendengarkan keberatan dengan baik
C.   mengucapkan salam
D.   bersikap simpatik terhadap pendpat orang lain
E.   hormati pendapat orang lain
 
20. Cara pembayaran yang paling disukai pihak penjual adalah ....
A.   kredit
B.   tunai
C.   ATM
D.   Cek
E.   Giro bilyet

21. Di bawah ini yang merupakan bukti transaksi secara tunai adalah ....
A.   faktur penjualan
B.   formulir aplikasi
C.   perjanjian jual beli
D.   kuitansi pembayaran
E.   permohonan

22. Di bawah ini yang merupakan bukti transaksi intern dalam administrasi transaksi penjulan adalah ....
A.   memo
B.   faktur pembelian
C.   sales order
D.   surat jalan
E.   purehase order

23. Dalam proses pengiriman dan penyerahan produk, hal penting yang harus diperhatikan seorang penjual adalah .....
A.   nama barang dan jumlahnya
B.   nama perusahaan produk tersebut
C.   kegunaan produk tersebut
D.   efek samping produk tersebut
E.   efek dari produk tersebut

24. Pengemasan barang dapat dilakukan dengan menggunakan perlengkapan pembukus berupa plastik. Berikut ini yang buka termasuk jenis plastik adalah ....
A.   politen
B.   PVC
C.   polismer
D.   kopolismer
E.   holistirena

25. Produk yang beredar dipasaran sangatlah bervariasi dalam ukuran dan model kemasannya. Sebuah produk perlu dikemas/packing dengan alasan ....
A.   memudahkan konsumen mengenal produk
B.   memudahkan konsumen membawa produk
C.   dapat meningkatkan prestise perusahaan
D.   melindungi produk dan sebagai alat promosi perusahaan
E.   memudahkan konsumen mengidentifikasi produk
 
26. Apabila kita akan packing produk yang mudah pecah, maka bahan dasar packing sebaiknya dari ......
A.   plastik
B.   kayu
C.   kertas
D.   kardus
E.   stalafom

27. Seorang konsumen membeli 5 buah barang dengan harga satuan Rp 2.500,00 apabila mendapat diskon 2% dari harga total maka uang yang harus dikeluarkan sejumlah ....
A.   Rp 12,500,00
B.   Rp 12.450,00
C.   Rp 12.250,00
D.   Rp 12.150,00
E.   Rp 12.050,00

28. Alat untuk mengetahui banyaknya barang yang dibeli dan jumlah barang secara tunai dinamakan ....
A.   faktur
B.   nota
C.   cek
D.   kuitansi
E.   giro

29. Apabila kita akan mengirim barang dengan menggunakan kenderaan, pertimbangannya adalah .....
A.   efisiensi biaya
B.   keamanan barang
C.   efisiensi waktu
D.   pelayanan
E.   menjaga nama baik perusahaan

30. Berikut ini yang tidak termasuk macam-macam cara dalam jual beli adalah ....
A.   persetujuan jual beli dengan contoh
B.   persetujuan jual beli dengan sewa beli
C.   persetujuan jual beli berdasarkan dagang tenggang
D.   persetujuan jual beli berdasar syarat istimewa
E.   persetujuan dagang

31. Apabila kita akan menagih kepada pelanggan, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah .....
A.   mengecek faktur penjualan jatuh temponya
B.   mengirim surat tagihan
C.   menagih langsung
D.   memerintahkan pada debet colletor
E.   melakukan konfirmasi pada pelanggan

 32. Surat perjanjian secara umum dibagi menjadi tiga bagian. Bagian yang memuat tentang pihak-pihak yang melakukan perjanjian adalah .....
A.   bagian pembuka
B.   bagian isi
C.   bagian penutup
D.   objek pejanjian
E.   subjek perjanjian

33. Berikut ini yang tidak termasuk macam-macam cara dalam jual beli adalah ....
A.   persetujuan jual beli dengan contoh
B.   persetujuan jual beli dengan sewa beli
C.   persetujuan jual beli berdasarkan dagang tenggang
D.   persetujuan jual beli berdasar syarat istimewa
E.   persetujuan dagang

34. Apabila kita akan menagih kepada pelanggan, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah ....
A.   mengecek faktur penjualan jatuh temponya
B.   mengirim surat tagihan
C.   menagih langsung
D.   memerintahkan pada debet colletor
E.   melakukan konfirmasi pada pelanggan

35. Dalam komunikasi bisnis, penggunaan alat komunikasi menjadi kebutuhan dengan pertimbangan  .....
A.   biaya mahal
B.   saling pengertian
C.   efisiensi waktu
D.   padat modal
E.   tidak semua konsumen saling memahami

36. Di bawah ini yang tidak perlu menjai perhatian dalam mengoperasikan alat hitung adalah ...
A.   mengecek kabel power apakah sudah terpasang
B.   mengecek semua tombol apakah berfungsi dengan baik
C.   lakukan operasi perhitungan dengan teliti
D.   perhatikan display dan print out
E.   barang diletakkan pada tempat yang disediakan

37. Apabila barang tersebut tidak ada barcodenya maka kasir dapat melihat PLU barang tersebut dengan menekan tombol ....
A.   F1
B.   F2
C.   F3
D.   F4
E.   F5

38. Untuk membuat program pada cash register, posisi kunci pada ....
A.   PGM
B.   ON
C.   OFF
D.   REG
E.   CH
39. Pada saat mengoperasikan mesin cahs register ( CR ) untuk menyelesaikan transaksi secara kredit maka tekan tombol .....
A.   tombol TL
B.   tombol ( CH )
C.   tombol CR
D.   tombol Plu
E.   tombol ST

40. Apbila kita berbelanja do supermarket, alat ukur yang sering digunakan untuk menimbang produk misalnya buah-buahan adalah .....
A.   timbangan dengan perkalian
B.   timbangan bebek
C.   timbangan biasa
D.   timbangan elektronik
E.   timbangan barang


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar